Instalasi OS Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu dari beberapa OS keluaran linux, dan tentunya open source. Disini saya menginstall Ubuntu 9.10, dan saya disini (masih) menggunakan VMware. Oke, langsung ke proses penginstalan.. cekidot..

1. Buat yang belum punya ubuntu, silahkan berkunjung dan download disini

2. Karena saya menggunakan VMware, tentu pertama tama buka VMwarenya dulu
.
3. Selanjutnya pilih "New vortual machine" dan selanjutnya pilih typical.

4.  Jika menggunakan CD/DVD, pilih yang atas (installers disc). Jika menggunakan .iso atau file images lainnya pilih yang bawah. Lalu "Next".

5. Kemudian masukkan username untuk login berserta passwordnya, untuk password minimal 8 karakter. Jika sudah "Next".

6. Selanjutnya atur space untuk hardisk, disini saya menggunakan 8gb. Jika sudah "Next" lalu "Finish".

7. Proses instalasi dimulai, yang pertama yaitu pengecekan data instalasi. Sabar eeaa... ^^

8. Proses instalasi selesai, kemudian muncul Live CD double klik "install ubuntu 9.10"

9. Kemudian memilih bahasa. Disini sebenarnya ada bahasa indonesia, namun saya lebih memilih English karena lebih "ngeh". hehe..

10. Selanjutnya memilih zona waktu.

11. Masukkan username dan password (lagi) untuk login di ubuntunya nanti. Password minimal 8 karakter ya..

12. Klik install, dan proses instalasi akan berjalan.


13. Selanjutnya yaitu kita membuat partisi. Di ubuntu sendiri seberarnya ada layanan pembuatan partisi secara otomatis, jadi kita tidak repot-repot membuat partisi swap dan root. Namun kali ini saya akan membuat manual.
Pertama saya membuat swap (virtual memory), kita tinggal klik add di bagian bawah. Besarnya swap yaitu 2x RAM, karena saya menggunakan RAM 512mb, jadi untuk swap besarnya 1024mb.
Lalu kita add lagi untuk membuat root (tempat penyimpanan data). Karena 1gb sudah digunakan sebagai swap, jadi untuk root saya gunakan sisanya yaitu 7gb.
Ini skrinshut keseluruhannya, jika suah beres klik "forward"

14. Selamat datang di Ubuntu
selanjutnya kita tinggal login, dan Ubuntu ready to serve. hehe.. ^^

This entry was posted on Kamis, 11 Oktober 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply