Install Mikrotik

Mikrotik routerOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal,mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Mikrotik dapat digunakan dalam 2 tipe, yaitu dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam bentuk perangkat keras, Mikrotik biasanya sudah diinstalasi pada suatu board tertentu, sedangkan dalam bentuk perangkat lunak, Mikrotik merupakan satu distro Linux yang memang dikhususkan untuk fungsi router.

Langsung saja ke tahap instalasi, disini saya menggunakan mikrotik 2.9.27. Seri ini emang jadul sih, tp jika kamu ingin yang terbaru bisa mengunjungi http://www.mikrotik.com/download.

capcus saja ke proses instalasi ^^ :

1. Disini saya langsung ke proses instalasinya saja ya,  settingan di VMwarenya seperti biasa kok


2. Kemudian muncul pilihan untuk paket-paket apa saja yang akan kita instal. Jika ingin memilih satu persatu tekan spacebar, namun jika ingin langsung memilih semuanya tekan "a". Disini saya memilih semua paket, kemudian tekan "i" untuk proses instalasi.


3. Proses instalasi selesai, selanjutnya mikrotik akan meminta untuk reboot. Tekan enter untuk reboot.


4. Mikrotik sudah terinstal, selanjutnya tinggal kita login. Disini untuk username dan password masih default, jadi untuk mikrotik login isikan "admin" dan untuk pasword tetap di kosongkan saja.



This entry was posted on Kamis, 18 Oktober 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Install Mikrotik”