Cara Mengkoneksikan Guest OS di VMware dengan Komputer Asli

Oke, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih connect LAN di VMware dengan komputer bawaan kita. Saya menggunakan VMware workstation 7, nah di VMware ini memiliki fitur yaitu "Virtual Network Editor". Dengan fitur inilah kita bisa connet dari VMware ke komputer bawaan kita, ia berperan sebagai interface dari komputer bawaan. Oke, langsung saja step-stepnya ya..






1. Pertama, kita setting terlebih dahulu di Virtual network editornya.
Disini anda bebas memilih yang mana saja dan dsini saya menggunakan VMnet1 untuk menjadikan interface di komputer bawaan, kita centang "connect a host virtual bla bla.." dan dengan IP network 192.168.1.0/24
Kemudian OK.

2. Selanjutnya kita setting interface di VMware. Untuk bisa menyetting, OS hostnya dalam keadaan off ya.. setelah itu pilih "Edit virtual macchine setting".

3. Klik "Network adapter" kemudian di sebelah kanan, klik custom dan pilih settingan awal kita tadi di "virtual network editor" yaitu VMnet1. Kemudian OK dan hidupkan OS hostnya.

4. Kemudian tinggal kita setting IP seperti biasa, pertama saya setting dari komputer bawaan dulu.
nah.. utuk memasukkan IPaddressnya, jangan pilih yang interface aslinya, tapi pilih "VMware Network Adapter VMnet1". Tinggal klik kanan lalu properties, kemudian masukkan IPaddressnya sesuai dengan network yang sudah di setting di "virtual editor network" ya.. 

5. Setelah itu tinggal memasukkan IP address di VMwarenya.

6. Kemudian tinggal di uji menggunakan perintah "PING" lewat command prompt. Oiya, jika melakukan perintah ping dengan kondisi wirewall dari VMware dan komputer bawaan ON, maka hasilnya RTO, maka dari itu wirewall dari VMware dan Komputer bawaan di kondisikan OFF.

"ping" dari VMware ke komputer bawaan

"ping" dari komputer bawaan ke VMware

Oke Finish, Terimakasih sudah berkunjung. ^^

This entry was posted on Kamis, 27 September 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

3 Responses to “Cara Mengkoneksikan Guest OS di VMware dengan Komputer Asli”

  1. ip vmware komp bawaan harus sama, sama ip mis.kyk km punya smart?

    BalasHapus
  2. kok di tempat saya tidak muncul VMware Network Adapter VMnet1 ya?

    BalasHapus