VMware

Apa itu VMware?

VMware adalah suatu software yang dapat menciptakan atau menyimulasikan PC baru yang disebut mesin virtual, dan dapat di artikan komputer di dalam komputer. Hardware yang ada di VMware jg menyesuaikan dengan yang aslinya, mulai dari RAM, processor, hardisk, USB, NIC, dll. Sistem operasi yang diinstal melalui vmware disebut guest operating system (sistem operasi tamu). Sistem operasi tersebut dapat dijalankan berdampingan dengan sistem operasi utama atau host operating system. Pada proses instalasi
sistem operasi guest, harrdisk tidak perlu dipartisi karena vmware telah mengaturnya dengan sangat mudah sehingga data tidak perlu dikhawatirkan akan hilang. Instalasinya sama seperti menginstal pada komputer biasa.

Kelebihan VMware dari pada virtual machine lainnya :
  • Fiturnya lebih lengkap, dan juga kemampuannya dalam virtualisasi melalui jaringan network/internet.
  • Pengaturannya simpel.
  • Mudah dalam setting network dan megkoneksikan USB.
VMware ini dapat dikatakan lumayan berat daripada virtual machine yang lain, jadi dibutuhkan spek yang cukup untuk menginstal software tersebut.

Menginstal VMware

Saya akan menjelaskan sedikit step by step dalam proses instalasi VMware. Di sini saya menggunakan VMware Workstation 7, cekidot...

1. Siapkan dulu file masternya, klik untuk memulai proses instalasi.

2. Akan muncul kotak dialog, "welcome bla..bla..bla.." klik Next aja.

3. Berikutnya akan muncul kotak dialog pemilihan fitur dalam VMware. Jika memilih Typical, maka semua fitur akan otomatis terinstal, dan jika Custom kamu memilih sendiri fitur fitur yang ada. Kalo custom saya ngga mudeng, jadi pilih Typical aja deh biar praktis. hehe..

4. Kemudian muncul kotak dialog lagi untuk penempatan folder intalasi VMware tersebut. Jika sudah klik Next lagi.

5. Selanjutnya, muncul kotak dialog untuk shortcut, pilih Next lalu Continue.


6. Proses instalasi berjalan, tunggu sampai proses selesai ya.
7. Setelah itu, masukkan Serial Numbernya. Jika sudah, Enter.
8. Kemudian Restart komputer.
9. VMware siap di santap, ehh siap di gunakan ^^



This entry was posted on Kamis, 20 September 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “VMware”