Network Viewer

Yup.. sesuai dengan judul, pastingan kali ini saya akan mnjelaskan tentang Monitoring Jaringan yang menggunakan software NetworkView. Network view adalah salah satu dari sekian banyak software yang digunakan untuk monitoring jaringan komputer, dapat melihat komputer mana saja yang terkoneksi dengan jaringan kita. Disini saya menginstal di VMware, sekalian mencoba instal software di VMware juga, hehe. Oke, langsung saja ke proses instalasinya.Instalasinya mudah kok, seperti instalasi pada umumnya, next-next-next-finish, hehe..


1. Klik 2x pada masternya, dan akan muncul seperti di bawah ini. Klik Next

2. Kemudian pilih "I Agree bla..bla.." dan Next.

3. Selanjutnya tinggal Next- next seperti biasa sampai pada proses install.


4. Dan Complete..

Baik, sekarang kita coba networkview'nya.

Klik New untuk buka lembaran baru (kaya baru nikah aja, haha). dan isikan title serta rangenya. Karena VMware saya menggunakan IP address 192.168.1.1, jadi saya ambil range 192.168.1.1-192.168.1.20
kenapa saya cuma sampe 20? biar nggak lama beroh, hehe

Setelah itu OK, dan proses scanning di mulai. 

Nah, scanning selesai. Karena disini komputer saya stand-alone (bukan forever alone ya) atau tidak terkoneksi jaringan, jadi hasil dari scanning tersebut ya hanya komputer saya saja. Jika kamu terkoneksi dengan banyak komputer, tampilannya akan seperti skema jaringan komputer pada umumnya beserta topologi yang digunakan.

Sekian, Terimakasih..
Bila ada kesalahan di mohon kritik dan sarannya melalui komentar ^^


This entry was posted on Kamis, 27 September 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

One Response to “Network Viewer”